Rabu, 16 September 2009

Sejarah Singkat SMPN 1 Jalaksana

Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Jalaksana, untuk selanjutnya disebut SMPN 1 Jalaksana adalah sekolah yang penuh potensi di Kabupaten Kuningan bahkan di Provinsi Jawa Barat. Betapa tidak, sekolah yang letak geografisnya di kaki gunung Ciremai ini menjadi slah satu dari dua Sekolah Standar Nasional di Kabupaten KUningan. Hal ini berkat prestasi akademik dan non akademik di tingkat Kabupaten bahkan di tingkat provinsi, juga peran komite sekolah seta stakeholder yang sangat peduli bagi kemajuan pendidikan.

Walaupun di tiap Kecamatan sudah ada SMP Negeri, tetapi SMPN 1 Jalaksana sudah menjadi tradisi sebagai tujuan dari lulusn SD / MI di Kecamatan Jalaksana dan 3 Kecmatan tetangga di sekitarnya. Hal ini membuktikan SMPN 1 Jalaksana sebagai sekolah Favorit dan idola. Lebih-lebih sekarang bertambah lagi kesempatan menyalurka bakat dan talenta di bidang tarik suara dengan adanya SPENSANA IDOL.

Keadaan demografis ekonomi orang tua memang beraneka ragam dari petani, pedagang, pengrajin, bahkan PNS dan TNI / POLRI. OLeh karena itu dengan adanya SMPN 1 Jalaksana sebaga Sekolah Standar Nasional hal ni sangat membantu bagi pengadaan sarana dan peningkatan mutu pendidikan.

Kedaan tenaga pendidik sangat menunjang sekali bagi proses pencapaian tujuan pendidikan. Dari 42 guru tetap satu berijazah S-2, 34 S-1 selebihnya Diploma dan SLTA bahkan dengan adanya tuntutan kualifikasi dan profesionalisme pihak sekolah mendorong tenaga gru untuk melanjutkan studi S1.

Secara Historis SMPN 1 Jalaksana berdiri tahun 1979 dengan SK pendirian : Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 0188/0/1979 tanggal 3-9-1979 dengan nama SMP Negeri 1 Jalaksana, yang didirikan di atas tanah desa (bengkok) seluas 1 hekto area. Sekolah ini terletak di jalan SMP, Desa Jalaksana, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan dan berjarak kurang lebih 6 KM dari ibu kota Kabupaten Kuningan ke arah utara / Cirebon.

Tahun pelajaran 1979/1980 sekolah ini mulai menerima siswa baru sebanyak empat kelas dan tempat pembelajaran meminjam / menumpang di SMP Negeri Cilimus, karena proses pembangunan gedung masih belum selesai,

Tahun pelajaran 1980/1981 pembangunan sekolah baru selesai dan semua kegiatan pindah ke gedung baru di Jalaksana (SMP Negeri 1 Jalaksana).

Adapn unit gedung baru tersebut terdiri dari :
Ruang Kepala Sekolah
Ruang Guru
Ruang Tata Usaha
9 Ruang kelas
Ruang Laboratorium
Ruang Perpustakaan
Ruang Keterampilan
Ruang WC Guru
Ruang WC Siswa
Garasi parkr
Gudang

Karena minat orang tua siswa ingin menyekolahkan putra-putrinya ke SMP Negeri 1 Jalaksana sangat tinggi maka dari tahun ke tahun selalu ada penambahan ruang kelas barus, yang saat ini sudah dibangun/tersedia 20 ruang kelas.

Seiring dengan itu, sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan maka pihak sekolah pun menbangun / mengadakan / menambah :
Ruang BP / BK
Ruang Kurikulum
Ruang OSIS
Ruang Humpras
Ruang Kesenian
Ruang Ola Raga
Ruang Pramuka
Ruang / Warung Kperasi
Ruang WC Siswa
Ruang WC Guru
Ruang Mushola
Ruang Multi Media
Ruang Laboratorium Komputer
Ruang Menjahit
Lapangan Basket
Lapangan Voly
Lapangan Lompat Jauh dll.

Orang-orang yang berjasa dalam mendirikan SMP Negeri 1 Jalaksana, dan merupakan Perintis Pendirian SMP Negeri 1 Jalaksana adalah sebagai berikut ;
1. A. Harja ……………….. Citapen (alm.)
2. Husen ………………….. Manis kidul
3. Tojib …………………... Padamenak
4. E. Madrum …………….. Jalaksana
5. E. Mamad Sujana Jalaksana(alm.)

2 komentar:

  1. Assalamualaikum
    wihhhhhhhhhhhhhh
    sekolah ku keuren
    euy.
    tambah maju bae ..........nya

    BalasHapus
  2. mantan sekolah ku is the best lah,,semoga nezal tetep jaya dimasa2 berikutnya,,LAmz ka sadayana terutama ka pa usep mantan wali kelas ti OHER alumni 3c budak ragawacana alumni 2005_2006..

    BalasHapus